Subscribe:

Selasa, 22 Oktober 2013

Mengurangi waktu nonton TV

Sekarang ini menonton TV sudah menjadi kegiatan yang paling digemari oleh banyak orang, besar – kecil maupun tua – muda. Mulai pagi hingga pagi lagi tak henti-hentinya TV menayangkan berbagai program yang menarik penontonnya, sehingga sangat sulit dihindari. Ada banyak alasan mengapa kita menonton TV. Yang paling umum, terutama selepas kerja, adalah mencari hiburan penghilang kepenatan. Alasan lain adalah mendapatkan berita dan informasi menarik.
kurangi nonton tv
Tetapi bila diperhatikan dengan lebih teliti, banyak tayangan TV yang sebenarnya tidak kita perlukan bahkan mengganggu keseimbangan hidup kita. Berbagai tayangan tersebut mulai dari tayangan film kekerasan dan pornografi, sinetron cinta berbelit-belit yang tak kunjung usai, tayangan infotainment yang mengumbar aib orang lain, berbagai debat yang bukan mencari solusi tetapi hanya mengeksploitasi perbedaan, horror dan kengerian bahkan iklan yang tidak mendidik; merupakan sekian jenis dari banyak tayangan TV yang memberikan pengaruh negatif pada diri kita, baik disadari atau tidak. Terlebih lagi bagi anak-anak yang masih belum sepenuhnya mengerti apa yang terjadi.
Untuk itu, langkah bijak kita adalah mengurangi waktu kita menonton TV. Yang pertama kali Anda harus melakukan pemililahan, dan pengelompokan program TV yang benar-benar dapat memberikan kesegaran serta keceriaan dalam
hidup ini. Bagaimana pun kita masih memerlukan hiburan. Tayangan musik, apresiasi seni, liputan mengenai alam, lingkungan dan masyarakat sosial, atau tayangan humor yang sehat, dapat diletakkan sebagai pilihan utama. Singkirkan jauh-jauh TV Anda dari tayangan yang dimaksud pada paragraf sebelum ini.
Jika itu dilakukan, Anda akan sangat terkejut; ternyata banyak sekali program yang harus dihapus dari daftar acara TV Anda. Namun, sadarilah bahwa kini anda seolah memiliki waktu lebih banyak daripada biasanya.
Ternyata ada banyak hal yang bermanfaat, namun tetap menarik dan memberikan hiburan selain menonton TV . Mulailah dengan membaca; kebiasaan ini sangat baik bagi perkembangan daya imajinasi serta intelektualitas Anda. Atau, Anda bisa mulai membangun hobi yang melatih ketekunan, misal, menjahit hiasan dinding,  merajut, menerjemahkan
tulisan-tulisan menarik, menulis artikel atau bahkan menulis sebuah buku. Atau, Anda bisa mulai menumbuhkan daya kreatifitas, misal menyusun puisi, berbagi cerita sederhana dan menghafal beberapa bait lagu menarik; atau bagi Anda yang muslim waktu luang ini bisa digunakan untuk menambah hafalan Al-qur’an dan Hadits.
Bila keluarga Anda perlu hiburan, Anda bisa bermain bersama-sama. Misal, permainan ular tangga, halma, atau permainan tradisional yang banyak kita kenal.
Sahabat, Inti dari tulisan ini adalah mengajak Anda untuk memperkaya hidup dengan kegiatan yang bermanfaat bagi kesegaran jiwa Anda dan keluarga. Coba perhatikan, dengan mengurangi waktu menonton TV, Anda dapat menghasilkan hiasan dinding, puisi, buku, keakraban dalam keluarga dan banyak hal positif lainnya

0 komentar:

Posting Komentar